Dulu dan Sekarang

July 15-2011 Write comment
Dua kata dalam bahasa Inggris ‘character’ dan ‘competency’ jika disingkat menjadi Charcom. Karakter berunsur sikap, kecerdasan emosi, semangat, dan kebenaran serta kejujuran orang itu. Kompetensi mewakili makna keterampilan, keahlian, pengalaman, dan kecanggihan seseorang karena penguasaan suatu ilmu atau keterampilan teknis; dan dapat menghasilkan output yang berkualitas.

BERTUMBUH

Jully 15-2011 Write comment
Setiap entitas butuh bertumbuh. Proses ini biasa disebut ‘empowerment’. Di sini orang mengalami bahwa dirinya diberi kekuatan untuk bertumbuh dan merasakan proses perubahan internal. Dia merasa lebih percaya diri dan semakin asertif. Sejatinya senantiasa ada kesempatan untuk bertumbuh dan menjadi diri sendiri secara optimal.


In Finem Omnia

July 15-2011 Write comment
Sebuah tujuan di setiap aspek kehidupan itu sangat penting. Ungkapan dalam bahasa Arab‘Innalilahi wa Innalilahi Rojiun’ memiliki makna dasar, ‘semua berasal dari TUHAN dan akan kembali kepada TUHAN’. Ungkapan itu mau mewartakan bahwa tujuan akhir manusia yang terutama adalah bersatu dengan Tuhan. Jika dikaji lebih dalam, judul artikel dalam bahasa Latin yang disingkat IFO ini memiliki makna yang sama. In Finem Omnia secara harafiah berarti ‘semua akan sampai pada tujuan’. Memang selama ini IFO banyak .


Pilih yang Mana?

Januari 10-2011 Write comment
Mengakui kesalahan adalah salah satu hal paling sulit bagi banyak orang. Kalimat ini disampaikan Rino seorang profesional yang sudah punya ‘jam terbang’ bidang logistik di sebuah perusahaan IT. Baru saja dia diajak bicara Nancy, atasan baru yang menggantikan Desti, atasan sebelumnya yang sudah sangat ‘nyambung’ dalam berbagai aspek personal dan interpersonal, serta organisasional dengan Rino di situ. Dia merasa bahwa Nancy terlalu cepat mengambil keputusan. Sebagai orang yang sudah lama di situ, Rino merasa lebih tahu dan menguasai tata cara tender yang sudah digeluti lebih dari lima tahun itu. Akibat yang ditimbulkan sangat berpengaruh bagi Rino. Mendadak semangat dan


Diamond atau Arang Hitam?

Januari 10- 2011 Write comment
Bisakah orang memilih antara karakter dan kompetensi? Secara matematis tampak sederhana saja, pilih a atau b. Bahkan dari sudut perhitungan ekonomi, ada hukum ‘usaha sedikit dengan hasil dan keuntungan setinggi mungkin’. Andaikata bisa pilih satu, mengapa harus pilih dua kan… Mungkinkah pola seperti ini diterapkan dalam entitas manusia? Nah. Jelas ada perbedaan signifikan antara perhitungan matematis ekonomis dengan kompleksitas seorang manusia. Bagi sebagian besar orang yang hidup dalam


Ada apa Parlin?

Januari 10- 2011 Write comment
Parlin dan Robert adalah sahabat sejak mereka kuliah di negeri Paman Sam. Ada banyak pengalaman di perantauan yang membuat mereka jadi tambah saling merasa cocok. Parlin memutuskan untuk segera kembali, setelah diminta dengan sangat oleh keluarganya menangani bisnis yang sudah turun-temurun dijalankan. Program master di bidang bisnis, akhirnya diselesaikan oleh Robert, beberapa waktu setelah Parlin tanpa gelar akademik di tangan kembali ke Indonesia. Di antara teman seangkatan, Parlin tergolong


MADECE – Masa Depan Cerah

Januari 10- 2011 Write comment
Jabatan Direktur bagi Ramli Faisal adalah seperti layaknya orang mendapatkan ‘rejeki nomplok’. Karir di PT Cakrawala Semesta Raya (PT CSR) itu diawali dari bagian keuangan sebagai staf. Diakui Ramli bahwa segala yang luar biasa saat ini dimulai dengan pekerjaan yang sangat biasa! Pedoman sederhana yang dijalankannya adalah senantiasa melakukan pekerjaan sesuai tuntutan dan kewajiban. Hanya seperti itu kah? Jawaban ‘ya’ senantiasa muncul dari Ramli ketika teman-teman dan orang-orang yang mengenalnya menyelidik, apa sesungguhnya rahasia keberhasilan gemilang itu.


Mau Dibawa Ke Mana?

Januari 10- 2011 Write comment
Dalam laut dapat diduga; dalam hati siapa tahu. Sepertinya peribahasa macam ini sudah jarang dipergunakan. Meski demikian relevansi isi dan makna yang terkandung, tanpa lekang dimakan zaman dan waktu. Kecerdasan otak bisa menghasilkan karya agung yang dipergunakan untuk memuliakan Sang Pencipta. Dengan demikian hakikat manusia di alam semesta ini pun kian bermakna lantaran sumbangsih yang dihasilkan dari kinerja yang unggul dan berdayaguna.